Membuat Video Karaoke Sederhana di Corel/Ulead

Tips kali ini saya akan membahas cara membuat video karaoke sederhana. Bagi yang sering karaoke di rumah mungkin sudah ngerti apa yang akan saya bahas disini. Namun sekedar info bagi yang mungkin belum tahu, video karaoke biasanya memiliki suara instrumental dan suara vokal yang terpisah, dan pastinya memiliki lirik lagu.

Jadi di tutorial ini saya akan mengubah video biasa menjadi video karaoke. Anda membutuhkan 2 program editing disini. Adobe Audition untuk mengedit audionya dan Corel video studio untuk mengedit video secara keseluruhan.

Perlu diperhatikan bahwa minimal audio yang ada di klip itu 2 channel (stereo) baru bisa dimanipulasi menjadi lagu karaoke di adobe audition. Jadi kalau audionya mono tidak bisa.

Langsung saja kita masuk langkah pertama.
1. Insert video ke timeline, buang audio asli dari videonya.
Klik kanan video di timeline, split audio lalu delete audionya. Maka hasilnya adalah sebuah video "bisu" Big Grin
[Image: split.jpg]

2. Sekarang kita proses audionya. Adobe audition memiliki kemampuan mengekstrak audio secara luar biasa cepat. Klik kanan file video tadi lalu send to adobe audition. Audionya akan otomatis di ekstrak.
[Image: read.jpg]
Jika tidak, anda bisa menggunakan audio converter untuk mengkonversi video tersebut menjadi audio file, semisal MP3.
Nah, setelah sampai di workspace audition. ikuti petunjuk di postingan saya sebelumnya.

3. Di timeline corel klik insert audio
Pilih file MP3 tadi. lalu insert. Nah, sekarang anda sudah memiliki video klip dengan suara karaoke. Selanjutnya kita menambahkan lirik lagu.

4. Lirik lagu kita buat dengan menggunakan text. Memang agak panjang kerjaannya di bagian ini. Lirik tidak ada animasinya jadi langsung tampil... Big Grin
Klik icon T untuk menampilkan title. Pilih saja title yang standard seperti gambar berikut. Drag ke timeline text
[url=http://1.bp.blogspot.com/-Tqbi3urMGRM/ThNBxEUj1QI/AAAAAAAAf6o/Sv3H9r0g4wo/s1600/text%2Btitle.jpg][Image: text%2Btitle.jpg]

Title tersebut memilike efek animasi, jadi kita hilangkan animasi tersebut sehingga menjadi text statis. Hilangkan centang pada enable animation
[Image: text%2Banim.jpg]

Kemudian di sebelahnya (tab edit) hias lirik anda menjadi lebih menarik dan jelas dibaca. Posisikan juga di bawah video seperti teks karaoke pada umumnya.
[Image: text%2Bdecor.jpg]

Nah, langkah selanjutnya drag text tadi dari timeline ke thumbnail
Maka teks yg kita buat tadi akan menjadi salah satu preset text. klik kanan - add to my favorite untuk menggunakan preset ini di kemudian hari.
[Image: drag.jpg]

Nah, sekarang anda tinggal drag thumbnail terebut ke timeline teks secara berulang-ulang untuk setiap lirik yg tampil ke video. Memang bagian ini agak membosankan.. Big Grin
Edit isi text tersebut dengan klik 2x di jendela preview
[Image: edit.jpg]

Lakukan terus sampai selesai. Perhatikan juga timing teks, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat muncul... Big GrinVideokaraoke yang bagus adalah video yang timing liriknya tepat, yaitu 0,5 detik sebelum vokal penyanyi.
[Image: finish.jpg]


5. Langkah finalize. Anda bisa langsung burn ke disc atau save ke komputer sebagai file video.

[Image: save.jpg]

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan, mengenai apapun

Admin
Almeiza Arvin M.